4 Keuntungan Pinjam Uang dengan Sertifikat Rumah

mata uang dollar

Anda membutuhkan cara untuk mendapatkan dana cair yang besar dan cepat? Maka bisa melakukan dengan cara gadai sertifikat rumah. Cara ini menjadi salah satu alternatif, karena memiliki nilai yang paling besar apabila dibandingkan dengan aset lainnya sebagai jaminan pinjaman. 

Saat ini pun telah banyak lembaga keuangan yang menyediakan pinjam uang sertifikat rumah, seperti perbankan, fintech, dan pegadaian. 

Dengan mengajukan pinjaman uang dengan sertifikat rumah, terdapat beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan, berikut simak ulasannya di bawah ini. 

  • Proses Pencairan Dana Cepat

Cara mengajukan pinjaman dengan menggunakan jaminan sertifikat rumah Anda, membantu Anda dalam menerima dana dengan proses pencairan yang lebih cepat dibandingkan dengan cara lainnya. Nantinya akan ada survei yang membantu pihak penyedia pinjaman dalam memutuskan apakah Anda dianggap mampu untuk membayar pinjaman. 

Selain itu, prosesnya pencairan Anda ini  relatif aman dan terpercaya, karena telah sesuai dengan regulasi dan prosedur yang berlaku. 

  • Bunga Lebih Ringan

Bunga yang diberikan oleh lembaga keuangan umumnya dapat berbeda-beda, tetapi dengan menggunakan jaminan sertifikat rumah biasanya bunga relatif lebih ringan dibandingkan dengan perbankan. 

Meskipun begitu, Anda perlu memastikan dan memahami dengan baik mengenai jumlah bunga yang harus dibayarkan. Hal ini penting agar tidak membebani Anda di kemudian hari. Anda pun harus cermat dalam memilih lembaga penyedia pinjaman dan lakukan perbandingan dengan beberapa layanan fintech untuk mengukur nilai tukar dengan akurat serta suku bunga paling rendah yang sesuai dengan kemampuan bayar Anda.

  • Tenor Lebih Lama

Keuntungan lain yang bisa Anda dapatkan dengan pinjam uang sertifikat rumah ialah tenor atau jangka waktu pinjaman yang lebih lama jika dibandingkan dengan jaminan aset lain. 

Biasanya, tenor atau jangka waktu yang diberikan 1 tahun sampai dengan 5 tahun. Selain itu, beberapa lembaga penyedia pinjaman akan memberikan kemudahan dalam bentuk tenor yang dapat diperpanjang sesuai dari kemampuan bayar Anda. 

  • Jumlah Pinjaman Lebih Besar

Alasan banyak orang yang menggunakan sertifikat rumah sebagai  jaminan ialah jumlah dana yang nantinya didapat akan lebih besar dibandingkan dengan pinjaman dengan jaminan aset lainnya. Walaupun begitu, Anda harus tetap memastikan bahwa nominal pinjaman yang diajukan sudah sesuai dengan kebutuhan serta kemampuan bayar Anda. 

Apabila Anda telah memutuskan untuk mengajukan pinjaman uang dengan sertifikat rumah sebagai jaminan, maka pastikan juga bahwa Anda telah memilih lembaga penyedia pinjaman yang sudah diawasi oleh OJK, sehingga kredibilitas terjamin, transaksi berjalan aman, dan pencairan dana dapat dilakukan tanpa halangan.

Itulah, keuntungan dari pinjam uang sertifikat rumah. Pastikan Anda telah memahami risiko, sebelum akhirnya memutuskan gadai sertifikat rumah perorangan. Semoga ulasan di atas dapat memberikan manfaat bagi Anda.

4 Keuntungan Pinjam Uang dengan Sertifikat Rumah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top