Ini Dia 4 Jenis Alat Berat Dalam Konstruksi Bangunan

alat berat

Alat berat adalah alat yang berukuran besar dan memiliki beban yang sangat berat digunakan untuk membantu manusia meringankan pekerjaannya. Ada beberapa pekerjaan dalam konstruksi bangunan yang tidak bisa dilakukan oleh manusia oleh karena itu harus dilakukan dengan bantuan alat seperti itu. 

Mengapa Ada Alat Berat Dalam Konstruksi Bangunan?

Karena alat berat akan membantu manusia mempersingkat waktu pembangunan sebuah rumah atau gedung besar dengan fungsinya yang bermacam – macam dan dapat mencakup banyak material sekaligus. Manusia yang berukuran kecil pasti akan membutuhkan waktu lebih lama untuk memindahkan material yang sangat berat atau jumlah yang banyak.

4 Jenis Alat Berat Dalam Konstruksi Bangunan

Dalam konstruksi bangunan ada beberapa alat yang berukuran raksasa. Alat – alat tersebut memiliki fungsinya sendiri dan sangat sering digunakan untuk proyek yang besar dan harus selesai dalam waktu singkat. Inilah 5 Alat Berat yang ada dalam konstruksi bangunan.

  1. Eskavator

Eskavator termasuk salah satu alat yang sering sekali terlihat dalam konstruksi bangunan. Alat ini memiliki fungsi untuk menggali tanah dan material serta memindahkannya ke tempat lain. Tentu saja alat ini berukuran sangat besar.

  1. Bulldozer

Buldoser juga sering terlihat di dalam proyek konstruksi bangunan. Buldoser memiliki fungsi yang hampir sama dengan eskavator hanya saja bentuk penggalinya berbeda. Buldoser juga berfungsi untuk menggali dan memindahkan tanah atau material, bisa juga digunakan untuk menimbun atau meratakan tanah dan material

  1. Crane 

Alat ini lebih sering ditemukan di pembangunan gedung yang besar dan tinggi. Karena pembangunan dilakukan untuk gedung yang besar dan tinggi maka material yang dibutuhkan juga akan banyak dan berukuran besar. Crane berfungsi untuk mengangkat material yang berat secara vertikal dan horizontal

  1. Dump Truck

Dump truck disebut juga dengan pengangkut. Alat ini juga termasuk dalam alat berat yang sering ditemukan di proyek pembangunan. Truk pengangkut berfungsi memindahkan material – material dari satu tempat ke tempat lainnya. Biasanya yang diangkut oleh truk pengangkut adalah material seperti pasir, semen dan batu – batu.

Ini Dia 4 Jenis Alat Berat Dalam Konstruksi Bangunan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top