Bingung Memilih? Berikut Beberapa Jenis Genset Yang Ada di Pasaran

Mesin genset atau generator set merupakan primadona bagi masyarakat yang sering dilanda mati listrik. Dan dengan banyaknya harga genset murah di pasaran, pembangkit listrik mini tersebut kini tidak lagi menjadi barang yang eksklusif untuk kalangan tertentu saja. 

Kendati demikian, masih banyak masyarakat yang kebingungan kala akan membeli produk tersebut. Sebab, jika dilihat dari peredarannya di pasaran, genset sendiri terbagi menjadi beberapa jenis berbeda, yang tidak semua orang paham tentangnya.

Untuk ini, kali ini penulis akan membahas tentang beberapa jenis genset yang dimaksud, antara lain :

  1. Genset bensin

Harga genset murah berkualitas menjadikan jenis ini sebagai genset yang paling banyak diminati masyarakat rumahan. Selain itu, bahan bakar bensin untuk genset ini pun sangat mudah untuk didapat.

Umumnya, genset bensin memiliki kapasitas hingga 10 Kw atau 10.000 kilo watt. Kapasitas ini dinilai banyak orang sangat cocok dengan besaran daya listrik di rumah, sehingga kerap diaplikasikan di rumah-rumah pribadi.

  1. Genset portable

Jenis ini amat populer di kalangan pekerja proyek ataupun pelancong yang hobi berkemah. Desainnya yang compact serta ringan membuatnya mudah dibawa kemanapun. 

Besaran daya listrik yang dihasilkan oleh genset jenis ini berkisar antara 750 watt hingga 6.5Kw. Genset ini juga bisa menggunakan bahan bakar berupa minyak solar, bensin, ataupun gas. 

Adapun kelemahan dari genset portable adalah suara yang dihasilkannya cukup bising, serta harganya yang relatif mahal.

  1. Genset gas

Dengan harga yang cukup tinggi, genset jenis ini menjadi kurang populer ketimbang mesin dengan harga genset murah.

Genset gas menggunakan bahan bakar berupa CNG (Compressed Natural Gas) atau LPG (Liquid Petroleum Gas). Mahalnya jenis gas juga berpengaruh pada tingginya harga genset. 

Kendati demikian, pengoperasian genset jenis ini juga masih terbilang mudah untuk dilakukan.

  1. Genset diesel

Meski masih dapat ditemui di rumah-rumah pribadi, harga genset diesel yang cenderung lebih tinggi ketimbang genset bensin membuatnya kurang diminati masyarakat rumahan. Alih-alih, genset diesel lebih sering ditemui di area pabrik berskala kecil hingga menengah. 

Kapasitas daya listrik yang dihasilkan genset ini bisa mencapai 2 Mw atau 2 juta watt. Penggunaannya yang mudah juga membuat genset diesel menjadi salah satu genset murah dan berkualitas di kalangan para pelaku industri.

  1. Genset turbin

Diantara semua jenis genset, jenis genset ini mungkin merupakan genset yang sangat tidak cocok diaplikasikan di rumah. Biasanya, jenis genset ini ditemukan di fasilitas umum seperti hotel ataupun rumah sakit.

Proses pemasangan genset turbin sangatlah kompleks, sehingga dibutuhkan tenaga profesional dalam melakukannya. Kendati demikian, genset jenis ini dapat menghasilkan daya listrik hingga 2Mw atau 2 juta megawatt. 

Untuk membayangkan besarnya daya listrik tersebut, beberapa genset turbin dapat menyuplai listrik untuk sebuah kampung. 

Lewat pengetahuan tentang jenis-jenis genset tersebut, anda tentunya akan dapat menentukan jenis genset yang cocok, sehingga tidak akan salah memilih kala menemukan harga genset murah

Bingung Memilih? Berikut Beberapa Jenis Genset Yang Ada di Pasaran

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top