Bagaimana Cara Memilih Produk Panci Steamer Berkualitas? Ikuti Tips Dibawah Ini

ilustrasi steamer

Chinese Steamer merupakan perkakas dapur yang bisa memanfaatkan uap panas sebagai media untuk memasak makanan sehari-hari. Anda bisa menggunakan steamer untuk mengukus beberapa jenis makanan seperti sayuran, kue, dimsum dan makanan lainnya. Bagaimana cara memiliki steamer berkualitas? Ikuti langkah yang ada di bawah ini.

Pilih Steamer Berdasarkan Tipenya

Panci steamer terdiri atas 2 tipe yaitu tipe plate dan pot. Pilihlah jenis panci yang sesuai dengan tujuan penggunaan. Plate tipe biasanya memiliki daya tampung kecil dan cocok bagi Anda para pemula yang ingin belajar memasak. Anda cukup meletakkan kukusan ke dalam panci kemudian masukkan jenis makanan yang akan dikukus. Akan tetapi, plate tipe tidak cocok Anda gunakan untuk memasak dalam waktu yang lama karena daya tampung airnya sangat kecil. 

Jika Anda ingin memasak dalam jumlah cukup banyak dan ingin mengukus lama, maka bisa menggunakan tipe pot. Panci tersebut terdiri atas 2 bagian yaitu bagian bawah untuk merebus air sedangkan bagian atasnya digunakan untuk mengukus. Disisi lain, Anda bisa menggunakannya sebagai panci biasa jika bagian atasnya diambil. 

Pilih Material Sesuai Jenis Hidangan

Produk Chinese Steamer terdiri atas beberapa material. Tujuannya agar material bisa membantu untuk meningkatkan kualitas rasa dari hidangan Anda tersebut. Misalnya Anda ingin membuat puding, maka bisa menggunakan steamer yang terbuat dari stainless steel atau kaca yang bebas bau. Jika ingin memasak sayuran dan dimsum, maka gunakan steamer dari bahan bambu. Kukusan bambu sangat direkomendasikan bagi Anda yang ingin menikmati makanan dengan nutrisi alami. 

Perhatikan Bentuk dan Ukuran Steamer

Sebelum memutuskan untuk membelinya, maka Anda bisa memilih kukusan yang sesuai dengan ruang penyimpanan dan perlengkapan memasak. Pilih steamer plate dengan ukuran yang pas agar mudah saat dimasukkan dalam panci, karena steamer bambu hanya berukuran 3 cm. Mayoritas steamer plate type memiliki bentuk bulat sehingga pas dengan jenis panci biasa yang ada di rumah. Pilih bentuk dan ukuran yang sama dengan peralatan memasak lain, agar memudahkan saat proses penyimpanan. 

Sesuaikan Dengan Ukuran Kompor Listrik

Cari steamer yang sesuai dengan ukuran kompor listrik, karena ada beberapa jenis panci steamer yang tidak kompatibel dengan kompor listrik. Periksa deskripsi produk secara manual dari awal untuk memastikan kualitasnya. Steamer yang kompatibel dengan kompor induksi biasanya bisa dipakai untuk kompor portable yang diletakkan pada meja makan. 

Pertimbangkan Steamer Elektrik untuk Menghemat Waktu

Bagi Anda yang merasa sibuk dan membutuhkan waktu cepat untuk mengolah makanan, gunakan jenis Chinese Steamer elektrik atau steam cooker. Alat tersebut sifatnya praktis dan hanya perlu memasukkan bahan makanan dan air. Anda juga tidak perlu repot mengatur suhu kukusan dan bisa masak sambil melakukan pekerjaan lainnya. 

Bagaimana Cara Memilih Produk Panci Steamer Berkualitas? Ikuti Tips Dibawah Ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top