Ingat, 4 Cara Menggunakan Astoria Machine Espresso Untuk Kopi Yang Enak

ilustrasi astoria machine

Astoria Machine Espresso adalah salah satu alat yang memang paling direkomendasikan jika Anda memang ingin membuat espresso yang enak dan lezat. Pasalnya, hasil kopi yang tersajikan dari mesin pembuat kopi ini memang sangat enak dan seperti berada di café. Namun untuk bisa menyajikan espresso yang enak, tentu saja ada hal penting yang harus dilakukan. Berikut ada beberapa cara menggunakan Astoria Machine Espresso sehingga bisa menghasilkan kopi yang enak dan nikmat. Di antaranya:

Bersihkan Portafilter

Sebelum Anda akan membuat membuat espresso dengan menggunakan, Astoria Machine Espresso ada baiknya untuk Anda mulai dengan memberishkan terlebih dahulu bagian portafilternya. Ini adalah salah satu komponen yang sangat penting dari mesin espresso pasalnya air panas yang digunakan akan mengalir ke ground coffee sehingga akan berakhir di portafilter lalu masuk dalam cup. Nah, untuk itu, pastikan membersihkan portafilter sehingga bisa menghasilkan kopi yang enak. 

Dose Espresso

Dose adalah takaran, nah jumlah tarakan sendiri akan sangat menentukan jumlah espresso coffee yang akan disajikan di dalam cup. Untuk cara ini, sebenarnya sangat berhubungan dengan rasio dari bubuk kopi dan air yang akan digunakan untuk membuat kopi yang enak. 

Distribute Espresso

Sedangkan ini adalah salah satu teknik yang mana bertujuan untuk memastikan jika bubuk kopi menyebar dengan sangat baik di semua portafilter. Pastikan untuk tidak ada bubuk padat di sebelah sehingga memastikan setiap bubuk kopi menerima air seduhan dengan kecepatan dan tekanan yang sama dengan ektraksi di dalam Astoria Machine Espresso

Tamping Espresso

Dan sedangkan ini adalah salah satu proses yang paling penting di dalam pembuatan espresso. Dalam hal ini sangat diperlukan pengalaman dari seorang barista dalam membuat kopi yang enak. Nah, untuk bisa menentukan tekanan yang tepat untuk tamping bubuk kopi ke portafilter. Pasalnya, semakin kuat tekanan yang akan diberikan pada saat proses tamping, maka air seduhan akan semakin melambat ketika akan diekstraksi dan bubuk akan semakin padat. Ketika tekanan rendah, maka air seduhan nantinya bisa mengalir dengan jauh lebih cepat. 

Ekstraksi Kopi

Dan langkah terakhir dalam membuat kopi yang nikmat adalah tahapan proses ekstraksi. Nah, untuk waktu yang dibutuhkan dalam hal ini tergantung dengan takaran dari kopi yang digunakan. Biasanya membutuhkan waktu 30 detik untuk bisa menghasilkan 36 gram kopi espresso. Namun pastikan espresso yang akan dibuat memiliki cairan warna kuning tua atau biasanya disebut dengan krema. Dan biasanya krema ini sendiri berada di bagian atas ataupun tepi buih. Krema juga menjadi bagian yang cukup penting karena memiliki rasa manis dari kopi espresso. Bahkan tanpa krema kopi espresso tidak bisa disebut dengan espresso. 

Dan sebenarnya, salah satu faktor yang benar – benar sangat mendukung keberhasilan seseorang dalam membuat kopi yang enak adalah menggunakan mesin yang berkualitas terbaik. Astoria Machine Espresso adalah salah satu mesin terbaik yang mudah dan cepat untuk bisa digunakan pengguna bahkan pemula sekalipun. 

Ingat, 4 Cara Menggunakan Astoria Machine Espresso Untuk Kopi Yang Enak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top