Jangan Khawatir, 6 Trik Mengatur Keuangan Saat Kredit Mobil Bekas

persyaratan kredit mobil bekas

Kredit mobil bekas memang menjadi solusi untuk Anda yang memang membutuhkan kendaraan untuk aktivitas sehari – hari. Namun jika salah dalam melakukan perhitungan persyaratan kredit mobil bekas justru bisa mengganggu finansial Anda dan menyebabkan masalah di kemudian hari. Nah untuk itu, ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk mengatur keuangan saat melakukan kredit mobil bekas. Diantaranya:

Sesuaikan harga dengan kemampuan finansial

Sesuaikan pilihan mobil dan tipenya dengan kemampuan finansial Anda. Jangan pernah tergoda dengan harga mobil yang harganya diluar budget kemampuan Anda. karena ini justru akan membebani keuangan Anda. Dan jangan lupa untuk Anda yang masih memiliki kewajiban untuk membayar angsuran tiap bulan. Sehingga kredit mobil nantinya tidak akan menganggu keuangan Anda di tiap bulannya. 

Lakukan Konsultasi 

Ketika Anda memutuskan untuk melakukan kredit mobil bekas, tak ada salahnya untuk melakukan konsultasi pada dealer atau leasing tentang informasi produk kredit. Tujuannya adalah agar bisa mendapatkan informasi yang lengkap dan jelas mengenai kredit mobil bekas yang Anda pilih. Sehingga ini nantinya akan memudahkan Anda untuk bisa mempersiapkan semuanya, mulai dari dokumen hingga uang muka, jumlah angsuran, tenor dan bunga. Semuanya harus Anda pertimbangkan detail dan lakukan konsultasi sedetail mungkin. 

Lakukan Simulasi Kredit

Melakukan simulasi kredit memang sangat penting untuk bisa mencari tahu seputar berapa jumlah uang muka yang harus dikeluarkan, tenor hingga cicilan yang harus dikeluarkan dalam tiap bulannya. Dan cari tahu dengan cepat dan sesuaikan dengan budget serta kemampuan finansial. 

Pilih Dealer dan Leasing Terpercaya

Pastikan ketika akan melakukan kredit mobil bekas, pilih dealer atau leasing yang terpercaya dan memberikan kemudahan dan keamanan kredit mobil bekas. Pasalnya sangat penting bagi Anda untuk memilih leasing yang terpercaya. Untuk leasing yang bisa kredibel dan terpercaya umumnya mereka sudah terdaftar resmi di APPI atau sudah diawasi oleh OJK. Tujuannya tentu saja agar Anda sebagai kreditur akan terhindar dari resiko penipuan dan kerugian. 

Buat Pos Anggaran 

Cara terbaik untuk mengatur keuangan saat memutuskan akan kredit mobil bekas adalah membuat pos anggaran. Walaupun sebenarnya ini sangat sepele namun cara ini sangat membantu Anda untuk mengatur cicilan Anda dengan baik. Dengan membuat anggaran yang terpisah, maka akan semakin mudah dalam membuat anggaran dengan berdasarkan anggaran kebutuhan bulanan. Anggaran tersebut mulai dari anggaran biaya hidup, tabungan hingga anggaran. Cara ini membuat semuanya lebih teratur. 

Jangan Menunda cicilan mobil

Satu lagi kebiasaan sepele namun ini benar – benar akan sangat membantu Anda. Pastikan untuk anda membayar cicilan mobil tepat waktu dan jangan menundanya. Biaya Kredit mobil bekas harus anda bayarkan tepat waktu agar tidak menganggu kebutuhan lainnya.

Jangan Khawatir, 6 Trik Mengatur Keuangan Saat Kredit Mobil Bekas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top