Profil Bentuk dan Jenis Baja Ringan Secara Umum

Ilustrasi Baja Ringan Taso Terbaik

Kerangka bangunan khususnya digunakan di bagian atap tidak lain adalah baja. Namun penggunaan baja ini terdapat dua tipe yaitu baja ringan dengan baja berat. Kali ini yang akan dibahas yaitu merupakan tipe baja yang sering digunakan yaitu baja ringan taso terbaik

Oleh karena itu berikut adalah beberapa profil jenis bentuk dari baja.

  • Profil jenis bentuk baja ringan
  1. Baja ringan bentuk Z

Profil bentuk Z ini merupakan baja yang berfungsi sebagai profil utama dalam penymbungan, terutama struktur yang berbentuk kuda yang terdapat pada rangka atap. Namun profil ini memiliki titik berat yang terletak pada bagian tengahnya. Penggunaan profil ini sangat mudah dalam penyambungannya serta juga sangat mudah ketika akan melakukan penyeimbangan beban antara kanan dan kirinya.

  1. Baja ringan bentuk B

Profil bentuk B ini masih membutuhkan beberapa bahan sebelum melakukan pemasangannya yaitu batang yang digunakan pada bagian penutup atapnya. Bentuk B ini desain dari bentuknya lebih tipis dibandingkan dari profil bentuk yang lain.

  1. Baja ringan bentuk C

Profil baja bentuk ini berfungsi untuk melengkapi profil baja tipe Z. Karena ukuran yang sama, dan fungsi yang hampir sama. Pemasangan bentuk ini sangat mudah dan bisa dijadikan pelengkap dari kerangka bentuk lain.

  1. Baja ringan bentuk W

Bentuk baja ringan W ini juga bisa digunakan untuk melengkapi bentuk Z. Ukuran bentuk profil W ini lebih besar dari pada C. Pemasangan dari bentu baja ringan ini juga mudah sehingga sangat praktis ketika di pasang.

Baja ringan sendiri secara umum terdapat dua jenis yaitu Galvalum dan Galvanis. Berikut ini adalah perbedaan antara Galvalum dengan Galvanis.

  • Galvalum

Jenis galvalum ini merupakan kerangka material baja ringan yang memiliki kekuatan dan tahan terhadap korosi yang disebabkan oleh pergantian musim. Harga jenis ini di pasaran terbilang sangat mahal, karena kualitas yang bagus. Jenis galvalum ini merupakan bahan aluminium sekitar 55%, Zinc 43,5%, dan sisanya adalah bahan silicon.

  • Galvanis

Galvanis merupakan kerangka material baja ringan yang terbuat dengan proses galvanisasi sekitar 98%, dan aluminium sekitar 2 %. Fungsi dari baja ringan jenis ini adalah sebagai perlindungan agar tahan terhadap korosi. Harga jenis baja Galvanis ini lebih terjangkau dari pada jenis lainnya.

  • Zincalume

 Baja ringan jenis Zincalume merupakan baja yang mempunyai lapisan bahan seng 45%, dan Aluminium 55%. Dalam proses pembuatan jenis ini memanfaatkan teknologi dan komposisi yang memiliki kualitas yang lebih baik. Jenis ini sifatnya tahan terhadap suhu tinggi, dan korosi. Harga jenis ini terjangkau di kalangan masyarakat sekarang.

Meskipun beberapa baja ringan taso terbaik memiliki kelebihan dan kekurangan, namun dianjurkan sebelum memilih maka harus mengerti mengenai jenis dari baja ringan taso terbaik, sehingga anda dapat mempertimbangkan dengan baik.

Profil Bentuk dan Jenis Baja Ringan Secara Umum

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top