Kekurangan Baja Ringan Jakarta

baja ringan jakarta

Dalam bidang konstruksi atap rumah merupakan salah satu aspek yang penting untuk dipertimbangkan. Pemilihan bahan dan material yang tepat dapat menciptakan rumah yang nyaman dan aman.  Penggunaan atap baja ringan saat ini sedang menjadi trend. 

Baja ringan adalah baja yang tipis dan memiliki bobot yang ringan, oleh karena itu baja ini disebut baja ringan. Namun sebelum anda menggunakannya sebaiknya anda mengenali kekurangan dari baja ringan Jakarta sebagai berikut.

  1. Kurang fleksibel untuk digunakan dengan profil rumah tertentu

Baja ringan memiliki kelenturan yang rendah dibandingkan dengan kayu. Sehingga dibutuhkan trik khusus untuk menerapkan pada profil rumah tertentu.Jika dengan menggunakan kayu maka nada bisa membuat dan menyusunnya sedemikian rupa sesuai keinginan anda. 

  1. Harga Relatif mahal 

Harga bahan bangunan atau material sangat erat kaitannya dengan kualitas dan keawetan dari material itu sendiri. Seperti baja ringan, dengan kualitas yang kuat, awet dan tahan lama, biasanya dibandrol dengan harga yang cukup mahal.

  1. Berkurangnya nilai estetika keindahan rumah

Karena penggunaan baja ini bergantung dengan profil rumah maka estetika baja ringan akan sangat bergantung pada penutupnya. Hal ini seringkali mengurangi estetika bangunan.

  1. Proses pembuatannya tidak ramah lingkungan

Jika dilihat dari perspektif berkelanjutan, baja ringan dapat mencemari lingkungan.Berbeda dengan kayu yang cenderung lebih ramah lingkungan karena terbuat dari bahan organik.

  1. Bisa berakibat fatal jika salah perhitungan dalam pemasangan

Material baja ringan memiliki struktur jaringan yang beda-beda, sehingga semuanya harus diperhitungkan dengan matang. Apabila terjadi kesalahan perhitungan, atap yang telah dibangun bisa jadi tidak memenuhi syarat keselamatan. Sehingga hal ini bisa membuat kerja dua kali dari awal pengerjaan. 

  1. Rentan terhadap hembusan angin

Karena bahan materialnya yang membuat bobotnya ringan sehingga mudah terhempas angin. Namun baja ringan cenderung lebih awet dan tahan lama dibandingkan bahan atap lainnya.

Perlu diperhatikan juga bahwa proses pemasangan pada sambungan rangka atap baja ringan hanya menggunakan baut. Oleh Karena itu apabila Anda tinggal di daerah yang sering mengalami angin kencang, hindari menggunakan atap jenis baja ringan jakarta.

Kekurangan Baja Ringan Jakarta

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top