Jenis-Jenis Tabungan Deposito yang Perlu Diketahui

Ilustrasi keuangan

Tertarik untuk menggunakan produk tabungan deposito? Jika memang tertarik untuk menggunakan produk simpanan dalam bentuk deposito, maka anda sebagai nasabah harus membuka rekening baru, kemudian menyetorkan sejumlah uang dengan minimum yang sudah disepakati. Nah, sebelum anda menabung deposito, maka anda harus mengetahui terlebih dahulu jenis-jenisnya. 

Jenis-jenis Dari  Deposito

Deposito sendiri merupakan salah satu jenis investasi sederhana dari bank yang menjanjikan suku bunga tetap dengan jangka waktu tertentu. Untuk jangka waktu yang ditawarkan adalah mulai dari 1, 2, 3, 6, 12, 18 atau 24 bulan. 

Pembayaran atau untuk proses pencarian dana deposito hanya akan dibayarkan di akhir periode investasi sesuai waktu yang sudah ditentukan. Bagi yang memang tertarik untuk menyimpan dana dengan sistem deposito maka ada baiknya mengetahui terlebih dahulu jenis-jenis deposito. 

Nah, tabungan deposito sendiri memiliki tiga jenis, yaitu Deposito Berjangka, Sertifikat Deposito dan Deposito On-Call. Untuk memahami ketiga, maka berikut ini adalah pemahaman singkat dari ketiga jenis tabungan deposito tersebut.

  1. Deposito Berjangka 

Untuk yang paling sering dipilih adalah jenis deposito berjangka. Seperti namanya ini merupakan deposito berjangka ini merupakan jenis tabungan dalam waktu tertentu sesuai dengan kesepakatan dari 1 sampai dengan 24 bulan. Nasabah hanya bisa menarik uang di waktu tertentu saja. Deposito berjangka dapat diterbitkan untuk perorangan atau lembaga

Untuk sistem penyimpanannya dilakukan dengan cara nasabah diharuskan untuk menyimpan uang pada waktu tertentu. Nantinya pihak bank akan memberikan bunga ke deposito nasabah. Bunga yang diberikan pun lebih tinggi dari bunga tabungan biasa. 

  1. Sertifikat Deposito

Selanjutnya ada sertifikat deposito yang merupakan jenis deposito yang tidak mengacu pada nama perseorangan atau juga lembaga tertentu. Hal tersebut karena nantinya sertifikat tersebut dapat dipindahtangankan atau diperjualbelikan pada pihak lain. 

Untuk waktu simpanan dana dapat ditentukan sesuai keinginan nasabah, nasabah akan diberikan pilihan jangka waktu 3,6, atau 12 bulan yang disertai dengan sertifikat. Untuk pencarian bunganya dapat dilakukan di awal, tiap bulan, atau saat jatuh tempo. 

  1. Deposito On-Call 

Terakhir ada deposito On-call yang merupakan tabungan berjangka yang relatif pendek. Jangka waktu untuk jenis yang ini adalah satu minggu dan yang paling lama adalah sebulan. Nah, untuk deposito ini pun diterbitkan dalam jumlah yang cukup besar.

Untuk pencarian bunganya dapat dilakukan pada saat pencairan deposito, tapi dengan catatan nasabah sudah memberitahukan sebelum jika tabungan tersebut akan diambil atau dicairkan. 

Itulah beberapa jenis-jenis dari tabungan deposito yang dapat anda pilih. Silakan pilih yang memang sesuai dengan kebutuhan anda. Perlu diketahui juga untuk suku bunga yang diberikan setiap bank itu berbeda-beda. Jadi bisa mencari atau memilih bank yang memberikan suku bunga yang memang sesuai dengan keinginan anda.

Jenis-Jenis Tabungan Deposito yang Perlu Diketahui

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top