Intip Ragam Keuntungan Menggunakan Genteng Ringan Metal

Ilustrasi atap

Selama proses pembangunan atap rumah, tentunya memerlukan genteng yang bagus juga, salah satunya adalah genteng metal yang bisa menjadi pertimbangan Anda. Hal tersebut dikarenakan merupakan genteng ringan dan kuat dan mempunyai banyak pilihan yang bisa disesuaikan dengan selera Anda. Lantas, apa sajakah keuntungan menggunakan genteng metal ringan? Simak terus informasi ini.

Keuntungan Genteng Ringan Metal

Banyak sekali keuntungan ataupun kelebihan dari penggunaan genteng metal ini. Hal tersebut dikarenakan genteng metal yang serba guna serta tersedia di dalam berbagai tekstur, warna, gaya, serta desain. Tidak tanggung-tanggung, bahkan genteng metal juga ada yang tersedia ke dalam susunan vertikal sehingga menyerupai dengan alur kayu. Berikut ini beberapa kelebihannya:

  1. Daya Tahan yang Tinggi

Daya tahan dari genteng metal sendiri bisa dikatakan sangat tinggi dan juga baik. Bahan atap ini sendiri mempunyai sifat yang anti pecah, hebat bukan? Bahkan selain itu juga anti lapuk, anti rayap, serta anti jamur. Dengan karakteristik genteng yang seperti itu, maka bisa digunakan sampai berpuluh-puluh tahun lamanya tanpa adanya kerusakan yang serius.

  1. Rangka Atap Sederhana

Karena bobot dari gentengnya sendiri sangat ringan, maka tidak memerlukan adanya struktur rangka atap rumit. Umumnya genteng metal ini dipasang dengan menggunakan penyangga yang telah dibuat dari bahan baja ringan.

  1. Bobot yang Ringan

Bentuk dari genteng ringan dan kuat metal ini berupa lembaran-lembaran sehingga menjadikan bobotnya ringan. Berta dari susunan genteng metal yang seluas 1 meter persegi rata-rata sebesar 7 kg.

Apabila dibandingkan dengan penggunaan atap beton dengan luas yang sama, maka diperoleh berat sekitar 60 kg. Perbedaan yang sangat jauh bukan? Hal itulah yang mengindikasikan bahwa genteng berbahan metal adalah pilihan terbaik untuk digunakan di daerah yang rawan akan terjadinya gempa.

  1. Pemasangan Cepat dan Mudah

Genteng metal memang sengaja dirancang sedemikian rupa supaya mudah untuk dipasang dalam waktu yang singkat. Yang perlu Anda ketahui adalah menghamparkannya dengan teratur di atas rangka atap dan selanjutnya adalah menancapkan sekrup. Hanya dengan proses yang singkat tersebut, maka genteng sudah terpasang dengan kuat. 

Itulah beberapa keuntungan ketika Anda memutuskan untuk menggunakan genteng ringan dan kuat metal. Beberapa keuntungan tersebut sangatlah menggiurkan. 

Intip Ragam Keuntungan Menggunakan Genteng Ringan Metal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top