Kenali Jenis Ovutest

Ilustrasi kehamilan

Uji Masa Subur Wanita sebenarnya bukan hal yang aneh untuk dilakukan. Tes ini tak melulu harus dilakukan oleh pasangan  yang sudah lama menikah. Karena pasangan yang baru menikahpun juga perlu melakukan tes masa subur untuk mengetahui kesuburan kedua belah pihak.

Waktu Terbaik Melakukan Uji Masa Subur

Hampir semua pasangan yang telah menikah pastinya pernah melakukan Uji Masa Subur. Hal ini karena ketika sudah menikah tentu akan berkaitan dengan program kehamilan. Entah itu menjalani program hamil atau justru ingin menunda kehamilan.

Lalu sebenarnya kapankah waktu yang paling tepat untuk melakukan tes kesuburan ini? Berikut adalah beberapa diantaranya.

  • Ketika Mengalami Masalah Pada Organ Reproduksi

Semua wanita tentu ingin memiliki kehamilan yang lancar tanpa harus mengalami banyak kendala. Namun sayangnya tidak sedikit wanita mengalami masalah pada organ reproduksinya. Beberapa jenis kelainan atau penyakit yang menyebabkan kehamilan terganggu adalah kista dan miom.

Jika kebetulan anda memang memiliki masalah pada organ reproduksi. Maka sangat disarankan untuk segera mendapatkan penanganan agar bisa membantu anda dalam menjalani program kehamilan.

  • Berhubungan Seksual Tanpa Kondom Selama 1 Tahun

Untuk meningkatkan terjadinya kehamilan, tentu hubungan seksual tidak boleh dilakukan sembarangan. Semua harus berdasarkan perhitungan masa subur agar proses kehamilan bisa lebih besar peluangnya.

Namun jika anda dan pasangan sudah menerapkan jadwal berhubungan seksual yang tepat, bahkan tanpa kondom dan sudah melebihi satu tahun namun belum juga hamil maka lebih baik segera memeriksakan diri untuk memastikan apakah ada masalah pada organ reproduksi anda.

  • Usia Sudah Lebih Dari 35 Tahun

Kehamilan memang bisa terjadi kapan saja, bahkan di waktu yang tidak bisa diprediksi oleh siapapun. Namun untuk wanita sendiri masa subur akan mengalami penurunan seiring dengan bertambahnya usia. Apalagi jika sudah lebih dari 35 tahun tentu harus diimbangi dengan penanganan dokter agar bisa segera mendapatkan kehamilan.

Kenali Jenis Ovutest

Seperti yang sudah disebutkan diatas bahwa ovutest merupakan alat Uji Masa Subur yang sudah cukup sering digunakan. Hal ini karena ovutest diklaim menjadi cara paling mudah untuk mengetahui kapan masa subur terjadi. 

Namun perlu diketahui bahwa ternyata ovutest ini banyak macamnya. Berikut adalah beberapa diantaranya.

  • Ovutest Digital

Memberikan hasil yang terbilang akurat karena mencapai 99%. Alat ini mendeteksi hormon LH (Luteinizing Hormone) yang mana pengecekannya melalui urine.

  • Ovutest Strip

Jenis alat ini juga melakukan pengecekan melalui urine. Caranya sangat mudah yaitu dengan cara mencelupkan alat ke dalam urine kurang lebih selama 5 detik. Hasilnya akan keluar selama 10 menit, ditandai dengan 2 garis.

Ovutest strip ini sebaiknya digunakan pada jam 10 pagi – 10 malam. Dan disarankan puasa 2 jam sebelum melakukan tes.

  • Ovutest Scope

Ovutest scope menggunakan air liur sebagai medianya. Jenis tes ini dianjurkan dilakukan 2 kali sehari antara jam 10 pagi – 8 malam. Sebelum melakukan tes juga disarankan puasa 2 jam.

Jika hasilnya menunjukkan anda dalam masa subur, maka anda disarankan untuk melakukan hubungan seksual 2 – 3 kali sehari agar peluang kehamilan lebih besar.

Itulah tadi beberapa penjelasan mengenai Uji Masa Subur menggunakan ovutest. Semoga informasi yang diberikan bermanfaat untuk anda.

Kenali Jenis Ovutest

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top