Kelebihan Penggunaan Atap Polikarbonat Pada Hunian

Ilustrasi Atap Polikarbonat Gelombang

Apakah Anda pernah mendengar tentang atap polikarbonat gelombang? Mungkin Anda ingin memberikan sentuhan yang sedikit berbeda di hunian tempat tinggal seperti memberikan pencahayaan alami misalnya, biasanya opsi yang dipilih adalah menggunakan material kaca yang bisa memberikan pencahayaan lebih banyak ke dalam hunian, ternyata saat ini ada alternatif pilihan lain yaitu polikarbonat.

Atap Polikarbonat

Masih ada sebagian orang yang cukup asing mendengar istilah polikarbonat, jenis atap yang satu ini menggunakan thermoplastic polymer sebagai materialnya, merupakan salah satu material yang sering digunakan sebagai pengganti kaca karena sifatnya yang transparan dan tahan lama meski berada di suhu yang ekstrim.

Jenis atap ini sudah cukup populer di tanah air sejak tahun 90-an, bahkan pada saat itu produksinya terus mengalami peningkatan karena permintaan akan material atap transparan sebagai penyalur cahaya alami, tidak sedikit produsen yang kemudian berinovasi memberikan tambahan komponen anti UV agar atap lebih tahan lama, kini Anda bisa memilih menggunakan jenis atap polikarbonat gelombang dengan model rata atau bergelombang.

Kelebihan Polikarbonat

Selain sebagai pengganti material transparan yaitu kaca ternyata material polikarbonat juga memiliki kelebihan yang mungkin tidak ditemukan di material atap lainnya, apa saja kelebihan yang bisa didapatkan dengan memilih atap berbahan polikarbonat? 

Kelebihan pertama yang bisa Anda temukan adalah lebih ramah lingkungan, isu efek rumah kaca yang terjadi beberapa waktu terakhir seringkali menjadi masalah umum dalam usaha mengurangi gas karbondioksida, sebagai salah satu langkah mengurangi permasalahan tersebut maka digunakanlah atap polikarbonat, tidak hanya berperan dalam mengurangi gas Co2 polikarbonat juga dipercaya menjadi bahan material yang bisa didaur ulang tanpa harus mengurangi kualitasnya.

Kelebihan lain yang tidak kalah menarik dari penggunaan polikarbonat yaitu tahan lama, ibarat atap dijatuhi bola seberat 4 kg dari ketinggian 9 meter atap dengan material polikarbonat tidak akan rusak, bahkan material polikarbonat juga digunakan untuk jendela pesawat terbang; tameng polisi hingga keperluan lainnya yang membutuhkan ketahanan akan benturan.

Masih ada lagi kelebihan yang akan Anda dapatkan saat memilih atap berbahan polikarbonat yaitu kejernihannya yang sebening kaca, bahkan material ini mempunyai kekuatan 200 kali lebih baik ketimbang material kaca, memiliki bobot 10 kali lebih ringan membuat proses instalasi terbilang lebih cepat jika dibandingkan dengan proses instalasi kaca.

Berkat bobotnya yang ringan proses pemasangan atap ini cenderung lebih mudah karena tidak sulit saat dipotong menggunakan gergaji tangan atau gerinda, Anda bisa memasangnya sesuai dengan keinginan seperti misalnya saat Anda ingin memberikan aksen lengkungan maka pemasangannya pun tidaklah sulit.

Atap polikarbonat gelombang mudah dibersihkan dari kotoran yang menempel, jadi inilah yang bisa Anda jadikan bahan pertimbangan saat ingin memberikan cahaya alami di hunian tempat tinggal Anda.

Kelebihan Penggunaan Atap Polikarbonat Pada Hunian

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top