Inilah Beberapa Kekurangan Dari Kredit Motor

Ilustrasi motor yang sedang dipajang close up

Bagi Anda yang ingin membeli motor secara kredit, kredit motor sendiri ternyata menyimpan banyak kerugian tersendiri. Kamu harus memahaminya supaya bisa mempertimbangkan apakah ingin beli motor dengan kredit atau cash.

Berikut ini beberapa ulasan kekurangan dari pembelian motor dengan kredit.

Total yang Harus Dibayar Sampai Lunas Bisa Membengkak

Meskipun kamu membelinya dengan uang muka serta cicilan yang ringan, tapi saat kami menghitung semuanya, maka seluruh uang yang dikeluarkan fermasuk lebih besar dari pada membeli motor dengan tunai atau cash.

Jadi dengan demikian, harga sepeda motor secara kredit akan lebih membengkak daripada harga yang asli.

Adanya Penagihan yang Cukup Mengganggu

Penagihan akan dilakukan sewaktu kamu telat saat membayar kredit motor tersebut. Tentu hal satu ini bisa membuatmu kurang nyaman, apalagi jika pihak pembiayaan telah menyimpan nomor kontak kerabat terdekatmu. Karena hal itu, usahakan kamu selalu mengangsur cicilan tepat dalam waktu yang sudah ditentukan.

Bisa Berurusan Dengan Pihak Bank atau Pihak Pembiayaan

Agar bisa membantu pembayaran motor dengan Kredit motor, maka dealer dapat bekerjasama dengan bank ataupun pihak pembiayaan (leasing). Hal ini karena sewaktu kamu bisa saja akan telat membayar, maka kamu akan langsung berurusan dengan pihak-pihak ketiga tersebut. Ditambah berbagai resiko bisa terjadi, misalnya penagihan saat telat membayar. 

Kamu Punya Beban Hutang Dalam Waktu Tertentu

Walaupun memang membeli motor dengan kredit lebih mudah untuk dilakukan, tapi tanpa kamu sadari, kamu akan punya beban hutang dalam waktu tertentu. Jadi jika kamu kurang bisa mengatur keuangan, maka cicilan yang dilakukan ini bisa terhambat. Dan hal ini pun bisa jadi salah satu kerugian dalam keuanganmu, apalagi jika kamu punya penghasilan yang tidak tetap setiap bulan. 

Terdapat Denda dan Resiko 

Ketika kamu memang ingin mengambil kredit motor, maka kamu perlu membayar cicilan dengan tepat waktu. Jika kamu memang ada keterlambatan dalam waktu membayar, maka kamu juga harus membayar denda pada pihak leasing.

Selain denda, ada juga biaya penagihan yang harus dibayar. Besaran biayanya juga tergantung dalam kebijakan pihak leasing yang kamu ajak kerja sama. Selain itu jika kamu telat saat membayar cicilan beberapa bulan, pihak leasing pun tidak akan segan untuk mengambil sepeda motor barumu itu.

Bunga Kredit yang Cukup Besar

Leasing atau perusahaan pembiayaan biasanya akan memberi bunga dalam sisa hutang kredit motormu. Nilai bunga ini pun dikatakan cukup besar. Semakin lama kamu akan mengambil waktu cicilan motor, maka akan makin besar juga jumlah bunga hutangnya. 

Maka usahakan jika kamu memang punya cukup uang, segeralah lunasi hutang kredit motor milikmu itu.

Selain itu, supaya proses kredit motor kamu akan lebih mudah, maka pilihlah dealer motor yang sudah kredibel dan terpercaya yang akan memberi DP sesuai dengan kemampuan ekonomimu sekarang ini.

Inilah Beberapa Kekurangan Dari Kredit Motor

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top